Vol 1, No 1 (2010)

Membangun Jurnal Sejarah

Berbicara tentang penulisan sejarah, sebenarnya berhubungan dengan kemampuan penulis dalam menuangkan ide dan menerapkan teori yang digunakannya. Namun, bagaimana pun juga tidak ada teori dan metode yang siap pakai dan tinggal diterapkan. Hal itu sangat penting diperhatikan, khususnya dalam bidang ilmu humaniora, yang berurusan dengan teks, naratif, event, alam pemikiran, wilayah kesadaran, imajinasi, dan simbol.

Pada dasarnya ilmu bersifat kumulatif dan komunikatif. Penelitian yang telah dibangun dalam bidang ilmu sejarah tidak dapat diabaikan begitu saja. Namun, perlu dicatat bahwa teori, metode, dan pendekatan yang dipakai pada akhirnya bermuara pada model berpikir. Pembentukan karakter ilmuwan dan cendekiawan terletak pada akal budi dan pengembangan berpikir.

Interpretasi dalam ilmu sejarah terarah pada insight  dan relevansi makna. Maka di sinilah dituntut keterlibatan intuisi, inspirasi, dan imajinasi dalam penulisan sejarah (historiografi). Usaha konkrit yang dapat ditempuh dalam mewujudkan hal tersebut dengan terus-menerus berpikir dan merenung.

Hasil interpretasi selanjutnya dituangkan dalam bentuk historiografi. Di sini terlibat penguasaan bahasa. Kecanggihan berpikir tidak dapat disajikan tanpa penguasaan bahasa yang memadai. Maka kemampuan menulis perlu dikuasai sepenuhnya. Dalam hal ini ada bermacam-macam model dan gaya penulisan dalam sejarah.

Sampai sekarang, penerbitan ke-2 Jurnal Analisis Sejarah telah menentukan bentuk dan format tertentu. Hal ini diharapkan dapat membantu dalam menemukan insight, khususnya dalam penelitian sejarah. Namun, perlu disadari adanya keterbatasan dan penyajian dalam volume ke-2 ini. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat dibutuhkan demi kesempurnaan Jurnal Analisis Sejarah kedepannya.

 

                                                                                                                  Padang,    Desember 2010

                                                                                                                                    Salam

 

                                                                                                                               R e d a k s i

Table of Contents